16 March 2014

Selayang Pandang Universitas Suryakancana Cianjur


Pada saat mengawali berdirinya Universitas Suryakancana Cianjur memiliki 2 (dua) Fakultas yakni Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi dengan aktivitas akademiknya dimulai pada tanggal 11 September 1964.

Dalam perkembangannya Fakultas Hukum merupakan salah satu fakultas di Universitas Suryakancana yang bertahan sampai dengan tahun 1975, dan kemudian atas masukan dan saran dan koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah III (kini Wilayah IV) Fakultas Hukum-Universitas Suryakancana dikukuhkan menjadi Sekolah Tinggi Hukum Suryakancana  melalui Surat Keputusan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah III Jawa Barat Nomor 75 Tahun 1975, tanggal 12 Nopember 1975.

Dalam bagian lain, atasprakarsa PGRI Kabupaten Cianjur bekerja sama dengan Yayasan Pembina Suryakancana – Cianjur serta didukung oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Cianjur maka pada tanggal 18 Juli 1981 didirikan Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) yang disebut STKIP Suryakancana dibawah naungan Yayasan Pembina Perguruan Suryakancana berdampingan dengan Sekolah Tinggi Hukum Suryakancana (STH Suryakancana).

Dalam perjalanannya sebelum menyatu dalam Universitas Suryakancana maka Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Suryakancana memiliki perolehan Status Akademik sebagai berikut :

1.       TERDAFTAR dan DIKTI dan mendapat kewenagan menyelenggarakan pendidikan Jenjang S-1 dan D-3 (Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) dan (Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Program studi Pendidikan Moral Pancasila dan Kewarganegaraan) melalui keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaaan Nomor 031/1985 tanggal 21 Pebruari 1985 Jo. Keputusan Dirjen DIKTI Depdikbud Nomor:121/DIKTI/Kep/1992.

2.       RE STATUS TERDAFTAR dari Dirjen DIKTI, Nomor 30/DIKTI/ Kep./1998 dan Nomor 30/DIKTI/Kep./1998 STKIP Suryaknacana berhak menyelenggarakan pendidikan Jenjang S-1 (Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni Progarm Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) dan Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Program Studi Pendidikan Moral Pancasila dan Kewarganegaarn.

3.       TERAKREDITASI, melalui keputusan BAN-PT Depdiknas No.10/BAN/ Ak/IV/VI/2000 tanggal 23 Juni 2000, mendapat status “Terakreditasi” dan memiliki wewenang menyelenggarakan pendidikan Jenjang S-1 untuk Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Program Studi Pendidikan Moral Pancasila dan Kewarganegaraan.

Pada tahun 2000 dengan embrio Sekolah Tinggi Hukum(STH) maupun Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP), diwujudkan kembali Universitas Suryakancana dibawah naungan Yayasan Pembina Perguruan Suryakancana - Cianjur dilengkapi dengan beberapa fakultas dan menjadi  5 (lima) Fakultas dengan 14 Jurusan.

Melalui SK DIKTI Nomor 02 – Bulan Agustus, Tahun2001, Universitas Suryakancana Cianjur resmi memiliki 5 (lima) fakultas dan 14 (empat belas) Jurusan/Program Studi maupun Program Kekhususan sebagaimana padatabel berikut :
No.
Fakultas
Jurusan/Program Studi
1
Fakultas Hukum
- Ilmu Hukum
2
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
- Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
- Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
- Pendidikan Matematika
- Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
3
Fakultas Pertanian
- Agribisnis
- Agroteknologi
- Pemanfaatan S.Daya Perikanan
4
Fakultas Teknik
- Teknik Sipil
- Teknik Industri
- Teknik Informatika
5
Fakultas Agama Islam
- Kependidikan Islam      
- Ekonomi Syariah
6
Program Pascasarjana
- Ilmu Hukum
- Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

 

Muhammad Nasir

Informatics Engineering an der privaten Universität in der Stadt seiner Geburt, wie Technologie, Animation, Programmierung, Fotografie, Grafik-Design, und vieles mehr. ich liebe islam, Gestern war über Ehre, ist heute über Gerechtigkeit.

0 comments:

 

Copyright @ 2013 Muhammad Nasir.

Designed by Templateism | Modified By Muhammad Nasir